5 Makanan yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Program Hamil

5 Makanan yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Program Hamil

Untuk para ibu yang sedang menjalankan program kehamilan, memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sama pentingnya dengan memperhatikan kesehatan reproduksi. Saat program kehamilan, anda wajib mengkonsumsi makanan-makanan sehat karena sangat berpengaruh dan dibutuhkan badan anda untuk mendukung program hamil. Makan makanan yang sehat akan memberikan energi sekaligus nutrisi yang baik bagi tubuh.  Selain itu, memakan makanan sehat dapat menyeimbangkan hormon yang berperan dalam mempengaruhi kesuburan sistem reproduksi. Makanan apa saja yang baik untuk mendukung program hamil, simak uraiannya berikut ini.

Ikan

Di dalam ikan terkandung DHA (docosahexaenoic acid) yang tinggi, yang merupakan salah satu jenis asam lemak omega-3, yang berperan penting dalam pembentukan sistem saraf, otak, dan juga mata. Ikan yang baik untuk anda konsumsi diantaranya, tuna, sarden, salmon, ikan lele, dll. Dalam penelitian menunjukan bahwa asupan DHA yang cukup saat hamil dapat membantu menurunkan resiko ibu hamil terkena preeklamsia.

Telur

Makanan yang satu ini merupakan sumber protein yang paling mudah dan murah. Kandungan didalamnya: Vitamin A, D, beberapa vitamin B kompleks, serta kaya akan asam folat yang baik untuk mencegah cacat pada otak dan sumsum tulang belakang janin.

Daging

Daging sapi ataupun ayam sama-sama sumber protein dan zat besi yang  baik bagi tubuh. Bagi seorang ibu, protein menjadi sumber tenaga, membangun daya tahan tubuh, serta membantu proses metabolisme. Dalam proses kehamilan, protein berfungsi sebagai energi bagi pertumbuhan dan perkembangan sel dan jaringan baru. Sedangkan zat besi membantu pembentukan dan produksi sel-sel darah merah sehingga meningkatkan asupan. 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau macam selada, bayam, brokoli, dll, memiliki kandungan asm folat dan zat besi yang tinggi. Zat besi berperan penting dalam siklus menstruasi, mendukung ovulasi, dan membantu sel telur berkembang dengan sehat. Selain itu serat pada sayuran dapat mencegah para ibu dari masalah susah BAB ataupun wasir yang sering dialam ibu hamil.  

Minyak Zaitun

Minyak ini kaya akan asam oleat yang sangat abaik untuk kesehatan jantung, Dalam sebuah studi membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi minyak zaitun ekstra virgin dapat menurunkan resiko terkena kardiovaskular sebesar 48 persen. Omega 3 yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan pembentukan jariangan syaraf pada janin ssat berada di trimester ketiga.

Yogurt

Makanan yang satu ini merupakan salah satu sumber kalsium terbaik, yang mana sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan janin. Dengan mengkonsumsi yogurt, para ibu yang sedang menjalankan program hamil dapat membantu dalam proses penyerapan nutrisi penting bagi tulang sehingga meminimalisir resiko osteoporosis. Kandungannya yang kaya akan prebiotik juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan masalah pada kesehatan tulang dan gigi,

Alpukat

Kandungan vitamin B1, B2, B5, B6, C, E, K, dan asam folatnya sangat penting baik untuk para ibu maupun pertumbuhan janin. Asam folat berperan penting dalam proses perkembangan organ janin serta dapat mencegah penyakit spina bifida (cacat lahir akibat terganggunya pembentukan tabung saraf saat bayi dalam kandungan). Sedangkan Vitamin C nya dapat membantu ibu mengatasi mual atau morning sickness.

Comments

Popular Posts